Arti di balik nama Ahza

Saat ingin memberikan nama kepada putra pertama saya, Ahza, ada dua figur yang membuat saya terinspirasi. Beliau adalah bapak Drs. Said Usman, M.Si. dan bapak Syahran, S.E., M.Sc. Mereka adalah tenaga pengajar di Universitas Borneo Tarakan.

Saya masih ingat dengan apa yang pernah diungkapkan oleh bapak Syahran, S.E., M.Sc. “Jika kamu punya anak, cukup satu doa yang kamu panjatkan. Berdoalah semoga anakmu menjadi anak yang beruntung”. Begitu kata beliau. Sementara bapak Drs. Said Usman, M.Si. mengatakan, kita tidaklah perlu pintar dan lain sebagainya, cukup dengan keberuntungan, pasti sukses.

Apa yang beliau katakan berdua bukanlah kata-kata yang tidak terbuktikan. Melihat usia mereka dan pengalaman-pengalaman yang mereka telah lalui. Ada banyak orang yang pintar, cerdas, kaya, kurang pintar, miskin, dan lain-lain. Tetapi karena faktor keberuntungan, si pintar belum tentu sukses. Sementara yang nilai prestasi akademiknya kurang mampu dapat meraih sukses.

Arti nama Dziaulhaq Ahza Ibnul Hasyim ( Dziaulhaq Ahzanul Hasyim)

Nama yang kami berikan kepada putra pertama kami, sudah terpikirkan sebelum dia lahir. Bahkan sebelum istri saya mengandung. Dziaulhaq berasal dari kata Dzul yang artinya Cahaya dan Haq adalah Kebaikan. Sementara Ahzanul berasal dari kata Ahza yang berarti beruntung dan Ibnul yang berarti keturunan (bin). Dan Hasyim memiliki arti memiliki pandangan yang luas dan juga merupakan nama dari saya, ayahnya.

Semoga apa yang terkandung di dalam nama anak kami, menjadi doa yang senantiasa membawa kebaikan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s